KICKS Lakukan Vaksinasi HPV Kepada Dua Selebriti Perempuan Indonesia Sebagai Upaya Nyata Cegah Kanker Serviks

Yofamedia.com, Jakarta - Membuktikan langkah nyatanya dalam upaya mengadvokasi masyarakat akan pencegahan kanker serviks, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) hari ini memberikan vaksinasi HPV sebagai pencegahan primer kepada dua selebriti perempuan Indonesia, yaitu Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato. Masih dalam rangkaian kegiatan pameran foto #IAmTrulyWoman yang diluncurkan pada 8 Maret 2019 lalu, pemberian vaksinasi HPV ini adalah upaya KICKS dalam mengajak masyarakat Indonesia, khususnya perempuan untuk tergerak dan segera melindungi diri mereka dari kanker serviks dengan vaksinasi HPV.

Pemberian vaksinasi HPV ini juga merupakan inisiatif KICKS dalam merespon kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan. Data GLOBOCAN 2018 menunjukkan kematian akibat kanker serviks mencapai 18.279 pertahun, artinya sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker serviks. Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa kurangnya upaya pencegahan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan sejak dini.
dr. Venita Eng, MSc, perwakilan dari YKI DKI dan juga pendukung KICKS mengatakan, “Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang dapat dicegah, yaitu dengan melakukan vaksinasi HPV. Dengan menunjukkan secara langsung pemberian vaksinasi HPV ini kepada kedua tokoh yang dikenal baik oleh masyarakat ini, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi perempuan Indonesia untuk tersadar akan pentingnya melakukan tindakan nyata dengan sergera melakukan pencegahan vaksinasi HPV dan deteksi dini.”

Data dari WHO pada September 2016 menunjukan bahwa sebanyak 67 negara termasuk Australia, Malaysia, dan Thailand telah mengimplementasikan program vaksinasi HPV. Dan nyatanya, di Australia dalam empat hingga lima tahun pertama setelah program vaksinasi HPV dimulai, infeksi HPV menurun sebesar 77% pada usia 18-24 tahun. Selain melindungi kanker serviks, vaksinasi HPV juga dapat melindungi dari berbagai macam penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus HPV, seperti kutil kelamin, kanker vulva dan vagina, kanker mulut dan tenggorokan, kanker anus serta pada laki-laki dapat menyebabkan kanker penis.
“Kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif dan dari keseluruhan kasus kanker serviks baru yang ditemukan di Indonesia, diketahui lebih dari 70% sudah pada stadium lanjut. Pada kondisi ini, pengobatan menjadi lebih sulit, lebih mahal serta tingkat keberhasilan juga menurun. Oleh karenanya, saya sangat menghimbau untuk para perempuan segeralah lindungi diri dari kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini karena pencegahan jauh lebih baik serta lebih mudah daripada pengobatan,” tambah dr. Venita.

Pada kesempatan yang sama, Cinta Laura Kiehl, Selebriti, menyampaikan, “Saya sangat menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan kita karena kita pastinya punya mimpi dan harapan yang ingin dicapai. Untuk memastikan hal tersebut, pastinya kita harus melakukan yang terbaik untuk tetap sehat dan produktif. Maka dari itu, saya berani untuk mengambil langkah ini dan bersama KICKS menunjukkan tindakan nyata pencegahan kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV. Saya mengajak perempuan lainnya dapat tergerak untuk segera melakukan upaya yang sama sehingga mimpi dan harapan kalian tidak terhenti hanya karena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah ini.”
Senada dengan Cinta, Yuki Kato, Selebriti, yang turut hadir dan melakukan sesi vaksinasi HPV bersama KICKS mengatakan, “Perempuan saat ini dapat memiliki peran dan menjadi apapun yang mereka inginkan. Saya sadar penuh akan perlunya sebagai perempuan yang aktif untuk dapat memiliki kontrol penuh akan kesehatannya. Sesi vaksinasi HPV hari ini bersama KICKS merupakan salah satu upaya saya dalam menjaga hal tersebut. Saya harap, langkah yang saya ambil hari ini bersama KICKS dapat menggerakan perempuan lainnya untuk segera melakukan vaksinasi HPV dan melindungi diri dari bahaya kanker serviks, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.”

Pemberian vaksinasi HPV kepada Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato ini sendiri dilakukan di dalam area pameran foto #IAmTrulyWoman yang digagas oleh KICKS berkolaborasi dengan Diera Bachir dan didukung penuh oleh Plaza Indonesia. Pameran foto #IAmTrulyWoman dapat dikunjungi dari tanggal 8-15 Maret 2019 di Atrium Level 4, Plaza Indonesia Extension. Selama pameran berlangsung, KICKS juga membuka booth edukasi yang terletak di lantai yang sama dimana para pengunjung setia Plaza Indonesia bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kanker serviks serta layanan vaksinasi HPV di tempat. [Lia]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2