Pekan Sinema Jepang 2018 Hadirkan Beragam Film Klasik Dan Kontemporer Asal Negeri Sakura

Yofamedia.com, Jakarta - Visual Industry Promotion Organization (VIPO) bersama Agency of Cultural Affairs dan Japan Foundation akan menyelenggarakan pekan pemutaran film-film Jepang di Indonesia Japan Cinema Week 2018 (Pekan Sinema Jepang 2018) bertempat di CGV Grand Indonesia, Jakarta 7-16 Desember 2018.

Dalam acara konferensi pers di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (27/11/2018), pada penyelenggaraan yang keempat kali ini, Pekan Sinema Jepang 2018 menjadi sangat spesial karena turut memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia.
Katsura Toda, Ketua Urusan Kebudayaan Pemerintah Jepang mengatakan jika tahun ini pihaknya telah menyiapkan sejumlah karya baru berupa film-film dari sineas muda Jepang untuk disajikan kepada publik Indonesia. Bekerjasama dengan Japan Foundation, acara ini juga mengajak kita untuk tahu lebih banyak tentang budaya Jepang melalui medium film.
“Selain membuka kolaborasi, acara ini juga membuka peluang diputarnya film Indonesia di Jepang sekaligus memperkenalkan budaya kedua negara.” ujar Norihisa Tsukamoto selaku Direktur Japan Foundation kepada awak media.
Dia juga menambahkan, bahwa tahun ini akan lebih banyak lagi sineas Jepang yang datang ke Indonesia untuk saling berbagi pengalaman.
Setidaknya, ada enam kategori film yang bisa menjadi pilihan penonton pada gelaran ini nantinya. Pertama ada ‘New J-Director’ yang merupakan film-film karya sutradara anyar di Jepang. Line-up filmnya ialah: “SUNNY: Our Heart Beat Together”, “Tremble All You Want”, “Pleta in The Toilet”, “PARKS”, “Lu Over the Wall”, dan “Ponoc Shortfilms Theatre: Volume 1 Modest Heroes”.
Kategori lainnya adalah ‘New J-Film’ yang berisi film-film baru yang menjadi hits di negeri Sakura. Film yang masuk kategori ini adalah: “Chiyayufuru Part 3”, “Color Me True”, Launching Under The Clouds”, “Perfect World”, “Shoplifters”, “The Crimes That Bind”, “Yakiniku Dragon”, “Mary and The Wicth’s Flower”, “Mixed Doubles”, dan “The-8 Year Engagement”.
Bagi penyuka film-film samurai, terdapat juga kategori ‘Samurai Historical’. Jajaran film yang masuk di sini adalah: “Samurai’s Promise”, “Miss Hokusai”, “Samurai Hustle”, “The Tale of the Princess Kaguya”, “YOJIMBO”, dan “The Sun in the Last Days of the Shogunate”.
Selanjutnya ialah kategori ‘Kira-kira Teen’. Ini adalah kategori film drama romantis komedi dengan latar sekolah. “Bring on the Melody!”, “Let Me Eat your Pancrease”, “One Week Friends”, dan “TEIICHI-Battle of Supreme High” jadi empat film yang masuk kategori ini.

Dan bagi penggemar spesial efek Tokusatsu seperti di film Godzilla atau Ultraman, terdapat pula kategori ‘Tokusatsu Special Effects’. Empat film yang tidak boleh dilewatkan di kategori ini adalah: “Kamen Rider X Super Sentai: Cho Super Hero Taisen”, “A Giant Warrior Descends on Tokyo”, “GAMERA: The Guardian of the Universe”, dan “Godzilla”.

Kategori terakhir adalah kategori Dokumenter dari kisah-kisah luar biasa di Jepang seperti film “Inland Sea”, “Life is Fruity”, dan “Roots”.

Menurut Kenichi Takeyama, Konsulat Kebudayaan dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, “Ini adalah kali pertama Pekan Sinema Jepang menghadirkan 6 kategori dan banyaknya film-film terbaru.”
Selain acara menonton film, pihak penyelenggara juga menyiapkan berbagai kegiatan menarik lainnya selama Pekan Sinema Jepang 2018 berlangsung. Mulai dari workshop mengenai special effect (Tokusatsu), diskusi dengan produser dan aktor dari Jepang, serta simposium oleh filmmakers dari dalam negeri yakni Riri Riza dan sineas asal Jepang.
“Kami berharap semua kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas industri film di Indonesia dan Jepang,” ujar Norihisa Tsukamoto.
Selain di Jakarta, Pekan Sinema Jepang 2018 ini juga berlangsung di tiga kota lain, yaitu Makassar (23-25 November 2018) di CGV Daya Grand Square; Yogyakarta (27 November-4 Desember 2018) di Museum Nasional Jogja, Empire XXI, dan Cinemaxx; serta Bandung (21-23 Desember 2018) di CGV Paskal.
Film-film di Pekan Sinema Jepang 2018 bisa dinikmati dengan harga Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 untuk akhir pekan. Tentukan film apa yang ingin ditonton, karena kapasitasnya tentu terbatas. Dan jika masih ingin mencari informasi lengkap seputar jadwal dan sinopsis film yang ditayangkan, silahkan kunjungi situs Jcinema2018.id. Selamat menonton! [Bud]
                                                                                                                                                           




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2