Tidur Terlentang Bagi Bumil Bisa Membahayakan Janin

Image result for ibu hamilYofamedia.com - Bumil, posisi bagaimana yang kamu sukai ketika tidur? Jika supine atau lebih biasa dikenal dengan tidur terlentang, maka penting Anda ketahui bahwa itu bisa berdampak negatif. Tidur terlentang pada bumil bisa membahayakan janin.
Studi dari para peneliti di University of South Australia menemukan bahwa ibu yang tidur terlentang, berisiko menimbulkan kematian janin atau bayi lahir dengan berat badan rendah.
Studi tersebut didapat setelah mengamati kebanyakan wanita hamil menghabiskan sekitar 25 persen waktu tidur dalam posisi terlentang. Posisi tidur terlentang, sebut para peneliti, bisa memicu terjadinya gangguan tidur yang membuat kadar oksigen ke janin menurun. Ini terlihat dari minimnya jumlah saturasi oksigen dari survei yang dilakukan pada malam hari saat para ibu hamil tidur.
"Penemuan kami menyarankan agar para ibu hamil menggunakan sebuah alat seperti bantal atau guling di pinggangnya agar mencegah tidur dengan posisi terlentang," ujar investigator University of South Australia, Jane Warland.
Menggunakan bantuan guling atau bantal tersebut juga dapat menjaga ibu hamil untuk dapat mengurangi tidur terlentang, terutama di akhir kehamilan.
Hal ini juga dapat menambah kualitas tidur bumil kembali atau lebih panjang, dan terpenting membuat oksigen lebih mudah mengalir, sehingga meminimalisasi keterlambatan detak jantung pada janin. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2