Ternyata Polusi Udara Bisa Pengaruhi Kecerdasan

Image result for polusi udaraYofamedia.com - Polusi udara memang tidak bisa dianggap sepele, karena akan menganggu atau berdampak pada kesehatan. Tapi yang sering terdengar adalah polusi udara dapat mempengaruhi sistem pernapasan atau sistem peredaran darah.
Padahal, polusi udara juga menyebabkan penurunan besar terhadap kecerdasan lho. Penelitian ini dilakukan di China. Paparan kronis terhadap materi partikulat udara mampu menyebabkan menurunnya nilai tes untuk bahasa dan aritmatika secara signifikan. Bahkan, hasil rata-rata udara beracun bisa disamakan dengan kehilangan pendidikan selama setahun.
Walaupun penelitian ini dilakukan di China, penelitian ini dianggap relevan di seluruh dunia. Karena lebih dari 91 persen populasi di planet ini hidup di daerah dengan udara yang berbahaya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, hal tersebut penyebab ke-4 kematian di dunia. Efek gabungan dari polusi udara, dan rumah tangga menyebabkan sekitar 7 juta kematian dini di seisi planet ini setiap tahunnya.
Studi ini diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences, berlangsung selama empat tahun dengan menganalisis tes verbal dan aritmatika yang diambil dari 20 ribu orang dari segala usia. Hasilnya menunjukkan bahwa paparan yang terlalu lama terhadap udara buruk, menyebabkan degradasi kognisi yang memburuk seiring bertambahnya usia.
"Udara yang tercemar dapat menghambat kemampuan kognitif saat orang menjadi lebih tua, terutama bagi pria yang kurang berpendidikan. Kerusakan pada otak yang menua akibat polusi udara kemungkinan membebani kesehatan dan biaya ekonomi yang besar. Mengingat bahwa fungsi kognitif sangat penting bagi para lansia untuk menjalankan tugas sehari-hari dan membuat keputusan- keputusan penting," kata para penulis.
Hipotesa penulis adalah karena polusi memiliki efek yang lebih kuat pada bagian otak yang diperlukan untuk tes verbal. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2