Tips Aman dan Nyaman Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Yofamedia.com, Jakarta - Beberapa hari lagi bulan Ramadan akan berakhir, ini berarti Idul Fitri sudah di depan mata. Menjelang datangnya hari lebaran, sudah banyak persiapkan yang dimatangkan oleh masyarakat Indonesia, termasuk persiapan untuk pulang kampung halaman.

Demi menghemat ongkos, tidak sedikit masyarakat yang memilih mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Selain itu, mereka bisa leluasa untuk sekedar mampir di beberapa tempat sepanjang jalur mudik dibandingkan dengan transportasi umum.

Supaya mudikmu lebih nyaman dan aman, berikut ini beberapa tipsnya.

Cek kondisi mobil
Sebebelum berangkat mudik, jangan lupa untuk mengecek kondisi mobil yang akan digunakan. periksalah kondisi roda, airbag, rem, oli, mesin, dan bagian penting lainnya. Jangan sampai kalian lupa melakukannya yah, mengingat kebanyakan kecelakaan yang terjadi karena kondisi mobil yang tidak prima.

Pastikan orang dan barang sesuai kapasitas
Ketika mudik, pastikan kalian tidak memboyong orang dan barang yang melebihi kapasitas mobil. Mobil yang kelebihan muatan, akan membuat para penumpangnya tidak nyaman selama di perjalanan. Bahkan dapat membahayakan semua penumpangnya.

Jaga kondisi
Jangan lupa untuk menjaga kondisi selama di perjalanan, mengingat perjalanan mudik cukup melelahkan. Apabila kalian sudah merasa lelah (khusus pengemudi), jangan ragu untuk menepikan kendaraan. Kalau kalian tetap memaksakan diri, ini bisa berakibat fatal. Karena kelelahan dapat menyebabkan konsentrasi kita menjadi menurun bahkan membahayakan keselamatan.

Bawa perbekalan
Perbekalan seperti makanan dan minuman harus kita persiapkan sebelum berangkat mudik. Ini untuk menyiasati rasa haus dan lapar yang datang secara tiba-tiba selama diperjalanan. Karena rasa lapar dan dehidrasi ini bisa menyebabkan penurunan konsentrasi si pengemudi.

Jangan lupa siapkan uang tunai
Siapkan sejumlah uang tunai di dompetmu, mengingat tidak semua lokasi yang kita tuju belum tentu menyediakan pembayaran elektronik atau mesin ATM. [Red]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2