Ini Alasan Mengapa Rasa Lapar Sering Datang

Image result for lapar
Yofamedia.comLapar merupakan keadaan alami yang dapat dirasakan semua orang. Namun rasa lapar yang dialami setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang dapat pergi tanpa makan untuk jangka waktu yang panjang, ada juga yang merasa sangat lapar, dan merasa harus makan saat itu juga.
Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak alasan. Berikut ini penjabarannya.
1. Kekurangan protein
Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein memiliki sifat untuk mengurangi rasa lapar, sehingga memungkinkan Anda untuk mengonsumsi hanya beberapa kalori. Ini meningkatkan produksi hormon yang memberi sinyal untuk mengurangi hormon yang memicu rasa lapar.
2. Kurang tidur
Waktu tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun bagi penderita insomnia, hal itu akan mengganggu. Perlu Anda ketahui bahwa, tidur memiliki potensi untuk mengendalikan nafsu makan karena mengatur ghrelin, yang merupakan hormon penstimulasi nafsu makan. Ketika Anda kurang tidur, tingkat hormon ini akan mengurangi dan menghasilkan rasa lapar yang sering muncul.
3. Asupan karbohidrat yang berlebihan
Karbohidrat diperlukan untuk tubuh kita seperti protein, vitamin dan lainnya. Tetapi mengonsumsi karbohidrat olahan yang tidak mengandung vitamin, serat dan mineral dapat menyebabkan seringnya rasa lapar. Karbohidrat olahan seperti tepung putih, pasta, roti, permen, gula olahan atau soda dapat membuat Anda merasa lebih lapar.
4. Kekurangan serat
Jika Anda merasa sering lapar, alasannya bisa jadi karena kekurangan kandungan serat dalam diet Anda. Makanan berserat tinggi membantu mengendalikan rasa lapar Anda karena memperlambat proses pencernaan. Ini juga melepaskan hormon penurun nafsu makan dan meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek yang mengenyangkan perut Anda.
5. Olahraga berlebih
Ketika Anda melakukan olahraga teratur, hal itu bisa memunculkan rasa lapar yang sering. Namun ketika tubuh Anda terlibat dalam proses pembakaran kalori yang ketat, ia akan kehilangan jumlah lemak tubuh yang cukup banyak. Dengan demikian, tubuh Anda cenderung memiliki tingkat metabolisme yang lebih cepat dan cenderung memiliki nafsu makan yang sangat besar.
6. Kecanduan alkohol
Terlalu banyak konsumsi minuman keras tentu berbahaya bagi kesehatan. Minum alkohol dalam jumlah yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan otak dan membuat Anda merasa cukup sering kelaparan. Ia memiliki sifat yang menginduksi rasa lapar dan mengurangi produksi hormon yang mendorong kekenyangan.
7. Stres
Stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tapi juga meningkatkan hormon kortisol yang memicu hasrat dan kelaparan makanan. Jadi, jika Anda ingin mengendalikan rasa lapar yang konstan, Anda perlu menghilangkan stres dari pikiran Anda terlebih dahulu. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2