Garam Ternyata Bisa Picu Stroke

Image result for garam
Yofamedia.com - Indonesia memang kaya akan laut. Itu mungkin juga menjadikan orang Indonesia tidak bisa dilepaskan dari garam.
Padahal, makanan yang kaya garam bisa menimbulkan masalah bagi otak dan gangguan mental. Umumnya, orang hanya mengidentikkan garam dengan tekanan darah tinggi yang bisa mempersempit arteri dan memicu stroke.
Namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan makanan tinggi garam ternyata menyebabkan aliran darah ke otak semakin menurun. Itu mengakibatkan jaringan pembuluh darah di otak pun tidak berkerja maksimal. Akibatnya fungsi kognitif pun menurun.
Penelitian yang dilaksanakan para peneliti di Weill Cornell Medicine, di New York itu dipublikasikan di jurnal Nature Neuroscience. Penelitian itu mengaitkan antara apa yang kita makan dan bagaimana manusia berpikir serta peranan sistem imunitas.
“Makanan yang mengandung garam dalam jumlah banyak menyebabkan tekanan darah juga meningkat. Itu juga bisa mempersempit pembuluh darah di otak,” demikian ungkap para peneliti.
Parahnya, makanan yang mengandung kadar garam berlebih akan mengakibatkan korosi di jaringan pembuluh darah. Itu bisa berakibat fatal.
Garam juga berkaitan langsung dengan sistem imunitas. Makanan terlalu asin bisa menyebabkan gangguan imunitas yang bisa menyebabkan penyakit rheumatik dan usus. Penyakit itu dikaitkan dengan memburuknya fungsi pembuluh darah di otak. [Lia]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2