Puasa Bisa Menjadi Program Diet yang Baik

Image result for buka puasa sayur
Yofamedia.com - Puasa bisa menjadi kesempatan Anda untuk menurunkan berat badan alias diet. Diet saat puasa adalah waktu yang tepat, karena makan hanya dibatasi sebanyak dua kali per hari, saat buka puasa dan sahur, sehingga membantu Anda mengontrol asupan makanan. Namun ingat, jangan makan berlebihan saat buka puasa dan sahur.
Hal ini justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Lalu, bagaimana sebaiknya menjalankan diet saat puasa? Menu buka puasa apa saja yang diperlukan untuk yang sedang diet? Simak pemaparan berikut ini.
Berapa kalori yang harus dikonsumsi di menu buka puasa dan sahur jika ingin diet saat puasa?
Walaupun waktu makan dibatasi saat puasa, namun asupan makan perlu dikontrol jika ingin menurunkan berat badan. Sebaiknya, kurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari untuk mendapatkan penurunan berat badan sebanyak 0,5-1 kg per minggu. Misalnya, total asupan kalori biasanya adalah sebanyak 2000 kalori, maka Anda hanya perlu mengonsumsi sebanyak 1500 kalori saat puasa untuk mencapai penurunan berat badan.
Namun, jangan berlebihan dalam membatasi asupan kalori Anda. Ingat, tubuh Anda tetap membutuhkan kalori untuk melakukan fungsi normalnya. Setidaknya, Anda harus mencukupi kebutuhan kalori minimal 1200 kalori/hari untuk menjaga fungsi normal tubuh.
Contoh menu buka puasa dan sahur saat sedang diet
Anda bisa membagi waktu makan menjadi tiga kali saat puasa. Yaitu, saat berbuka puasa, setelah salat Tarawih atau sebelum tidur, dan saat sahur. Bagilah asupan kalori Anda ke dalam tiga waktu makan tersebut.
Misalnya, asupan total kalori per hari adalah 1500 kalori, maka Anda bisa membaginya menjadi:
•    500-600 kalori saat sahur
•    400-500 kalori saat buka puasa
•    500-600 kalori setelah salat tarawih atau sebelum tidur
Menu takjil buka puasa
Saat berbuka puasa, konsumsilah makanan yang cepat diserap oleh tubuh. Sehingga, energi tubuh yang hilang saat puasa cepat tergantikan, Anda tidak merasa lemas lagi. Makanan yang cepat diserap tubuh adalah makanan jenis karbohidrat sederhana, seperti makanan manis. Contoh menu diet saat puasa di waktu buka adalah:
•    Contoh menu 1: teh manis dengan gula satu sendok makan (37 kalori), kurma tiga buah (50 kalori), serta roti sandwich dengan daging asap dan keju (300 kalori)
•    Contoh menu 2: sirup tiga sendok makan (111 kalori), kurma tiga buah (50 kalori), dan salad buah 250 gram (250 kalori)
Menu makan setelah salat Tarawih
Setelah salat Tarawih, Anda bisa makan besar. Namun ingat, setelah makan besar sebaiknya tidak langsung tidur. Beri jeda waktu lebih lama antara waktu makan dan tidur, setidaknya 2-3 jam. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu bagi tubuh dalam mencerna makanan dan agar tidur Anda tidak terganggu karena terlalu kenyang. Contoh menu makan setelah salat Tarawih adalah:
•    Contoh menu 1: nasi 100 gram (175 kalori), tempe bacem 50 gram (80 kalori), ikan pindang 50 gram (100 kalori), tumis buncis taoge tahu 200 gram (100 kalori), apel satu buah (50 kalori)
•    Contoh menu 2: nasi merah 100 gram (175 kalori), pepes tahu 100 gram (80 kalori), ayam panggang tanpa kulit 1 porsi (100 kalori), sayur bayam merah dan jagung 150 gram (120 kalori), mangga 3/4 buah (50 kalori)
Menu makan saat sahur
Makanan yang Anda konsumsi saat sahur sebaiknya adalah yang mengandung banyak serat dan protein. Serat dan protein dapat membantu kenyang lebih lama dan membantu mempertahankan energi lebih lama, sehingga tidak cepat lapar saat puasa. Contoh menu diet saat puasa di waktu sahur adalah:
•    Contoh menu 1: ayam panggang satu porsi (100 kalori), scrambled egg dan tahu (155 kalori), bayam, brokoli dan jagung kukus 300 gram (190 kalori), salad buah 100 gram (100 kalori)
•    Contoh menu 2: kentang rebus dengan kulitnya satu buah (90 kalori), daging steak 60 gram (200 kalori), tumis buncis, wortel dan jagung 300 gram (190 kalori), salad buah 100 gram (100 kalori)
Pilihlah menu makanan dengan kandungan minyak, gula, dan garam sedikit agar tidak menyumbang kalori berlebih. Makanan yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang merupakan makanan yang baik dikonsumsi saat sedang diet. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2