Inilah 18 Khasiat Buah Kurma



Image result for kurma
Yofamedia.com - Kurma salah satu buah yang memang identik ketika datangnya bulan puasa. Popularitas kurma di Indonesia selalu meningkat saat Ramadhan tiba. Padahal, sebenarnya kurma selalu tersedia, sekalipun di luar bulan puasa. Buah yang satu ini memang sangat dianjurkan Karena rasa manis yang didapatkan dalam buah kurma ini memberikan sumber energi yang hilang setelah seharian menjalani puasa.
Namun, selain menjadi makanan yang cocok untuk berbuka puasa, tahukah kamu tentang 18 manfaat buah kurma untuk kesehatan berikut ini?
  1. Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat buah kurma yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Karena salah satu kandungan utama kurma adalah kalsium, dan zat yang satu ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Jadi, untuk kamu yang ingin tulangnya senantiasa sehat, sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi kurma.
  1. Sumber Serat
Manfaat buah kurma berikutnya adalah sebagai sumber serat yang menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan memerlukan serat, agar berfungsi secara normal dan mencegah terjadinya konstipasi. Serat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, terutama LDL atau yang lebih dikenal dengan kolesterol jahat.
  1. Melancarkan Buang Air Kecil
Untuk kamu yang merasa susah buang air kecil, tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengonsumsi buah satu ini. Karena sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad menyebutkan manfaat buah kurma adalah mengandung nutrisi yang bisa membuat seseorang menjadi lancar buang air kecil. Dan, untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi minimal 5 buah kurma setiap harinya.
  1. Sumber Mineral
Manfaat buah kurma lainnya adalah buah ini mengandung banyak potasium dan magnesium, yang mana potasium berfungsi untuk membantu kerja sel, jaringan, dan organ dalam tubuh. Selain itu, potasium juga menjadi komponen yang cukup penting dalam menjaga fungsi jantung dan memperlancar pergerakan otot, sehingga membuat otot-otot di tubuh kamu berkontraksi secara sempurna.
Sedangkan magnesium, sangat berguna untuk membantu proses produksi energi, berperan dalam pembentukan struktur tulang, dan juga dibutuhkan dalam pembentukan DNA. Magnesium juga berfungsi membantu melakukan perpindahan kalsium dan potasium menuju membran sel. Proses ini cukup penting untuk mempertahankan detak jantung dan kontraksi otot yang normal.
  1. Mencegah Risiko Diabetes
Manfaat buah kurma bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa mencegah risiko seseorang terkena diabetes. Meskipun rasa buah ini manis, bukan berarti kurma bisa terkena diabetes. Karena seperti yang sudah dibahas tadi, kandungan serat yang ada di dalam kurma bisa membantu tubuh dalam mengontrol gula darah, karena buah ini mempunyai indeks glikemik yang rendah.
Hal ini menandakan bahwa tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk mengubah karbohidrat pada kurma menjadi gula dan energi. Tentu saja ini baik, karena menandakan jika kurma memiliki pengaruh kecil terhadap level insulin. Sehingga, buah kurma tidak berisiko meningkatkan kadar gula darah setelah kamu memakannya.
  1. Mencegah Anemia
Buah kurma juga mengandung zat besi yang tinggi. Sehingga, bisa menjadi salah satu sumber makanan pencegah anemia. Kandungan zat besi ini bisa menggantikan zat besi yang sebelumnya hilang, meningkatkan energi, serta mengurangi rasa lelah, letih, dan lesu.
  1. Mengatasi Gangguan Usus
Banyak orang yang belum tahu, jika salah satu kandungan dalam kurma adalah nikotin. Namun, zat yang satu ini bisa membersihkan usus dan membuat semua gangguan pada usus teratasi. Sebuah fakta menarik mengenai kurma juga terungkap, di mana buah yang satu ini bisa membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam buang air besar.
  1. Menambah Berat Badan
Di balik banyaknya perempuan yang ingin menurunkan berat badan, ada beberapa yang ingin menaikkan berat badan, karena merasa badannya terlalu kurus. Nah, kalau kamu salah satunya, daripada mengonsumsi obat penggemuk, akan lebih baik dan aman jika menggunakan buah kurma untuk menggemukan badan.
Kurma mengandung kalori yang sangat tinggi, jumlah kalori yang dimiliki buah ini mencapai lebih dari 3000 kalori, dan itu pastinya sudah cukup untuk menjadi makanan penggemuk badan.
  1. Mengatasi Alergi
Kurma adalah buah yang secara alami sudah memiliki kandungan sulfur. Maka, kamu harus tahu jika zat yang terkandung dalam buah tersebut sangat efektif untuk mengatasi alergi. Jadi, kalau kamu mengalami alergi, disarankan untuk mengonsumsi kurma, agar alergi cepat teratasi.
  1. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf
Syaraf adalah sistem yang paling penting di dalam tubuh manusia. Jika sistem syaraf sudah terganggu, maka akan membuat orang tersebut berada dalam masalah besar. Untuk menjaga kesehatan syaraf, sebenarnya sangat mudah. Kandungan nutrisi yang ada pada kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan syaraf. Jadi, kalau kamu ingin memiliki syaraf yang senantiasa sehat, konsumsilah kurma setiap hari.
  1. Menambah Stamina
Kandungan gula yang cukup tinggi pada kurma memang sangat ampuh untuk meningkatkan stamina. Jadi, kalau kamu merasa lemas saat menjalani kegiatan harian, sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma setiap hari. Dijamin, stamina pun akan meningkat drastis.
  1. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah satu ini untuk kesehatan jantung sudah teruji. Karena pada kurma terdapat zat yang bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih baik. Kamu cukup mengonsumsi kurma setiap hari agar jantung menjadi sehat. Coba mulai hari ini, ya!
  1. Baik untuk Kesehatan Mata
Mempunyai mata yang sehat adalah impian semua orang. Untuk menjaga kesehatan mata, kadang orang harus membayar mahal. Karena, umumnya dokter menjual nutrisi kesehatan mata dengan harga yang tinggi.
Namun, kalau kamu ingin cara yang lebih hemat, aman, dan murah. Lebih baik gunakan kurma sebagai solusinya. Buah ini kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi sebuah kurma sama saja dengan menyelamatkan mata dari kerusakan.
  1. Mengobati Radang
Radang adalah penyakit yang sangat umum menjangkiti manusia. Karena radang merupakan efek alami jika tubuh kita sedang tidak dalam kondisi terbaik. Kalau kamu mengalami radang, baik itu radang tenggorokan pun radang lainnya, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma, karena di dalam kurma terdapat zat anti radang dan juga nutrisi yang baik untuk pemulihan kesehatan.
  1. Mengobati Diare
Kandungan potasium dalam kurma juga ampuh untuk mengatasi diare. Sebuah fakta menyebutkan jika kurma bahkan bisa mengobati diare akut dengan waktu yang sangat cepat. Selain potasium, serat yang ada pada kurma juga bisa memulihkan seseorang dari diare dengan lebih cepat. Jadi, kamu lebih baik menyediakan kurma di rumah, daripada obat-obatan kimia, karena buah yang satu ini sangat kaya akan manfaat.
  1. Mencegah Kanker
Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan ini bisa ditangani dengan berbagai cara kok. Salah satunya adalah dengan rajin mengonsumsi buah kurma. Kenapa? Karena buah yang satu ini memang memiliki kandungan zat yang bisa mencegah radikal bebas di dalam tubuh. Kamu cukup mengkonsumsi beberapa biji buah kurma setiap hari agar bisa terhindar dari kanker.
  1. Menaikkan Trombosit Darah
Orang yang sedang terkena demam berdarah, pastinya membutuhkan obat untuk menaikkan trombosit tubuhnya. Selain jambu biji, kurma juga bisa menaikkan trombosit dengan cepat, lho. Karena itu buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi orang yang yang sedang menderita demam berdarah.
  1. Untuk Ibu Hamil
Dengan belasan manfaat di atas, membuat banyak orang sepakat menjadikan kurma sebagai buah terbaik. Dan, kamu juga bisa mengunakan kurma untuk makanan tambahan saat hamil pun menyusui. Karena, kandungan di dalam buah kurma tidak saja didapatkan ibu, tapi juga bayinya.
Jadi, jangan lupa sediakan buah Kurma di rumahmu selalu, ya. Apalagi di saat bulan Ramadan ini!
[Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2