Ini Resep Donat Indomie Yang Sedang Hits

Image result for resep donat indomie
Yofamedia.com - Belum habis masa merebaknya Es Milo Kepal di mana-mana, kini media sosial kembali ramai membicarakan Donat Indomie asal Australia. Lho, kok Australia? Ya, karena menu ini pertama kali diperkenalkan oleh waralaba di negeri kanguru ini.
Sebuah waralaba di Sydney, Australia bernama Donut Papi memposting menu Donat Indomie di akun instagram mereka. Karena hadir di bulan Mei, mereka menamakannya dengan May-Goreng. Akhirnya, postingan ini ramai dikomentari oleh para netizen. Bahkan, sejumlah lokasi di Indonesia sudah ada yang mulai menjajakan menu ini.

Nah, jika Anda penasaran seperti apa rasanya, maka tak perlu jauh-jauh berangkat ke Sydney untuk mendapatkan donat ini. Anda bisa mencoba resep ini untuk menu berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

Bahan-bahan
5 donat Indomie d10 porsi
2 bungkus Indomie Goreng
2 butir telur
2 lembar smoked beef/sosis
50 gram keju Quick Melt/cheddar
3 sdm tepung bumbu/terigu
3 sdm tepung roti
1 liter Air
5 loyang tulban mini d10 cm

Langkah  (30 menit) :
Rebus air hingga mendidih. Masukkan indomie goreng, rebus 3 menit aja, cukup sampe terurai, jangan kelamaan supaya tidak terlalu lembut. Tiriskan.
Campurkan indomie dengan bumbu instan, smoked beef/sosis dan keju yg telah dipotong2, juga 1 butir telur yg sudah dikocok. Aduk rata.
Oles loyang dengan minyak. Cetak indomie ke dalam loyang, masing2 sebanyak 60 gram.

Kukus donat indomie ke dalam kukusan yang telah dipanaskan. Selama 10 menit dengan api sedang. Lalu keluarkan donat indomie dari loyang.
Guling2kan donat indomie ke dalam tepung bumbu, lalu celup ke dalam 1 butir telur kocok, kemudian balur dengan tepung roti hingga rata.
Goreng donat indomie dengan minyak panas api sedang, hingga golden brown. Jangan dibolak-balik supaya tidak menyerap banyak minyak. Cukup 1x balik aja. Lalu angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat dengan saus sambal.
Image result for resep donat indomie
6 Tips Goreng Donat Agar Mengembang dan Matang Merata
Donat adalah salah satu hidangan yang mudah dibuat karena bahan-bahan yang diperlukan tidaklah banyak dan mudah ditemukan. Anda pasti lebih pilih membeli donat daripada membuatnya sendiri. Mengapa? Karena mungkin Anda pernah membuat donat sendiri namun hasilnya sangat jauh dari ekspektasi. Donat buatan Anda tidak dapat mengembang sempurna dan tak matang di bagian dalam. Nah, berikut adalah tips agar donat dapat mengembang dan matangnya merata.

Gunakan minyak yang masih baru
Terkadang, ada saja orang yang menggunakan minyak jelantah atas dasar irit. Jangan lakukan hal tersebut ketika menggoreng donat, ya. Donat sangat mudah menyerap aroma dari minyak, sehingga jika anda menggunakan minyak jelantah donat anda cenderung akan beraroma aneh. Selain itu, minyak jelantah juga mempegaruhi tingkat kematangan donat. Minyak jelantah cenderung sudah tengik sehingga donat menjadi kurang matang sempurna.

Gunakan banyak minyak untuk menggoreng donat
Agar donat dapat mengembang sempurna dan matang secara merata, donat harus tenggelam sempurna di dalam minyak. Oleh karena itu, hilangkan sikap ‘irit lebih baik’ anda dan gunakan minyak yang banyak untuk menggoreng donat. Anda tidak ingin donat yang anda buat matang setengah-setengah, kan

Menggoreng dengan minyak yang tak terlalu panas
Minyak yang banyak pastinya tetap harus dipanaskan untuk menggoreng donat. Tetapi, minyak yang terlalu panas tetap tidak baik untuk tingkat kematangan donat. Minyak yang terlalu panas justru akan menyebabkan donat cepat gosong dan hanya matang di permukaan, sedangkan bagian dalam tidak matang. Gunakanlah api dengan kekuatan sedang agar minyak tidak begitu panas.

Jangan terlalu banyak memasukkan donat dalam sekali menggoreng
Kadangkala, muncul keinginan untuk mempercepat proses penggorengan donat. Karena buru-buru, kita menggoreng 3-4 donat dalam satu kali penggorengan. Saran saya, janganlah lakukan hal ini meskipun anda sedang terburu-buru. Memasukkan donat yang terlalu banyak dalam sekali menggoreng akan membuat suhu minyak menjadi tak stabil, sehingga donat anda tak akan matang secara merata dan tak bisa mengembang dengan baik.

Cukup sekali membalik donat
Terkadang, banyak sekali orang yang menganggap membalik-balik donat akan mempercepat kematangan donat. Hal itu jelas salah, karena terlalu sering membalik donat justru akan mengakibatkan donat tak bisa mengembang dan tak bisa matang merata, sehingga hanya matang di permukaan. Oleh karena itu, anda tak perlu terlalu sering membalik donat ketika digoreng. Cukup goreng permukaan atas terlebih dahulu, dan jika sudah berwarna coklat keemasan anda bisa balik ke sisi lainnya.

Goreng donat dengan minyak padat yang telah dicairkan
Untuk menggoreng donat, lebih baik ganti minyak yang biasa anda gunakan untuk memasak dengan minyak padat yang telah dicairkan, seperti Goodfry Minyak Goreng Padat (lihat di Lazada) yang berkualitas dan dijamin halal ini. Minyak padat memiliki sifat yang lebih tahan panas dibanding minyak biasa. Selain itu, hasil gorengan donat juga tidak akan terlalu menyerap minyak. Minyak padat ini bisa anda temukan di pasaran, kok.

Agar anda terhindar dari donat yang hanya matang di permukaan, lakukanlah 6 poin di atas. Daripada anda beli donat yang belum terjamin asal usulnya, membuatnya sendiri ternyata tak terlalu rumit, kan. Selamat mencoba!







0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2