Ingin Mencegah Rasa Haus Saat Berpuasa? Ini Tipsnya


Image result for rasa hausYofamedia.com - Sebagian orang lebih sulit untuk menahan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar saat berpuasa. Tidak minum seharian karena berpuasa tentu saja berpotensi membuat tubuh merasa kehausan. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kehausan atau paling tidak mengurangi rasa haus saat berpuasa.
Bagaimana cara mengatasi haus saat berpuasa, berikut empat cara yang bisa mengurangi rasa haus:
1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Agar tidak mudah haus selama menjalankan puasa, perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran. Sebab buah dan sayuran, selain menyediakan berbagai nutrisi juga serat yang bermanfaat.
Image result for buah sayuran
2. Mengatur Pola Minum
Haus salah satu tantangan berat saat berpuasa. Oleh karena itu supaya tidak mudah haus saat berpuasa harus pintar mengatur pola minum.

Caranya dengan minum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan dua gelas di saat sahur. Jangan minum berlebihan atau sekaligus, karena dapat menyebabkan perut kembung dan mempercepat keluarnya cairan dari dalam tubuh.
3. Batasi konsumsi makanan asin dan pedas
Ketika berpuasa Anda harus membatasi mengonsumsi makanan asin dan pedas. Sebab, jenis makanan ini akan menarik banyak sekali cairan dari dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi.
Jadi perhatikan benar asupan kedua jenis makanan tersebut saat berpuasa jika tak ingin cepat haus.
4. Hindari minuman berkafein saat sahur
Minuman berkafein semisal kopi, teh dan minuman bersoda sebaiknya dihindari saat sahur. Bukan tanpa alasan, minuman berkafein bersifat diuretik yang artinya dapat meningkatkan sekresi urine atau buang air kecil.
Image result for kafein no
Akibatnya tubuh akan cepat dehidrasi. Jika pun ingin menikmatinya, minum saja di saat berbuka puasa.[Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2