SEJARAH HARI VALENTINE


YofaMedia.Com -- Setiap tanggal 14 Februari di seluruh Amerika Serikat dan di tempat lain di seluruh dunia, permen, bunga dan hadiah dipertukarkan antara orang-orang terkasih, semuanya atas nama St. Valentine.
Tapi siapakah orang suci misterius ini, dan dari mana tradisi ini berasal? Cari tahu tentang sejarah liburan berabad-abad ini, mulai dari ritual Romawi kuno sampai pabean Victoria Inggris.

LEGENDA ST. VALENTINE 

Sejarah Hari Valentine - dan kisah tentang santo pelindungnya - diselimuti misteri. Kita tahu bahwa Februari telah lama dirayakan sebagai bulan asmara, dan bahwa Hari Santo Valentine, seperti yang kita kenal sekarang, mengandung sisa-sisa tradisi Kristen dan Romawi kuno.


Tapi siapa Santo Valentine, dan bagaimana dia dikaitkan dengan ritus kuno ini?
Tahukah kamu? Kira-kira 150 juta kartu Valentine's Day dipertukarkan setiap tahunnya, membuat Hari Valentine menjadi hari libur pengiriman kartu paling populer kedua setelah Natal.

Gereja Katolik mengakui setidaknya tiga orang kudus yang berbeda bernama Valentine atau Valentinus, yang kesemuanya mati syahid.

Satu legenda berpendapat bahwa Valentine adalah seorang imam yang bertugas pada abad ketiga di Roma.

Ketika Kaisar Claudius II memutuskan bahwa laki-laki tunggal membuat tentara yang lebih baik daripada mereka yang memiliki istri dan keluarga, dia melarang pernikahan untuk pemuda.

Valentine, menyadari ketidakadilan keputusan tersebut, menantang Claudius dan terus melakukan perkawinan untuk kekasih muda secara rahasia.

Ketika tindakan Valentine ditemukan, Claudius memerintahkan agar dihukum mati.

Cerita lain menunjukkan bahwa Valentine mungkin telah dibunuh karena berusaha membantu orang-orang Kristen melarikan diri dari penjara-penjara Romawi yang kejam, di mana mereka sering dipukuli dan disiksa.

Menurut satu legenda, Valentine yang dipenjarakan benar-benar mengirim ucapan "valentine" pertama saat dirinya jatuh cinta pada seorang gadis muda - mungkin putrinya yang dipenjarakan - yang mengunjunginya selama kurungannya.

Sebelum kematiannya, dituduhkan bahwa dia menulis surat bertuliskan "Dari Valentine Anda," sebuah ungkapan yang masih digunakan sampai sekarang. 

Meskipun kebenaran di balik legenda Valentine suram, semua cerita menekankan daya tariknya sebagai tokoh simpatik, heroik dan paling penting-romantis.

Pada Abad Pertengahan, mungkin berkat reputasi ini, Valentine akan menjadi salah satu orang suci paling populer di Inggris dan Prancis.

ASAL HARI VALENTINE: FESTIVAL PAGAN DI FEBRUARI

Sementara beberapa orang percaya bahwa Hari Valentine dirayakan pada pertengahan Februari untuk memperingati ulang tahun kematian atau penguburan Valentine - yang mungkin terjadi sekitar tahun 270 M - yang lain mengklaim bahwa gereja Kristen mungkin telah memutuskan untuk merayakan hari raya St. Valentine di tengah Februari dalam upaya untuk "mengkristenkan" perayaan pagan Lupercalia.

Dirayakan pada bulan Februari, atau 15 Februari, Lupercalia adalah festival kesuburan yang didedikasikan untuk Faunus, dewa pertanian Romawi, dan juga pendiri Romawi Romulus dan Remus.

Untuk memulai festival tersebut, anggota Luperci, sebuah perintah dari para imam Romawi, akan berkumpul di sebuah gua suci dimana bayi Romulus dan Remus, para pendiri Roma, diyakini dirawat oleh seekor serigala betina atau lupa.

Para imam akan mengorbankan seekor kambing, untuk kesuburan, dan seekor anjing, untuk pemurnian.

Mereka kemudian akan menelanjangi kulit kambing itu menjadi potongan-potongan, memasukkannya ke dalam darah kurban dan turun ke jalan, dengan lembut menampar wanita dan ladang pertanian dengan kulit kambing.

Jauh dari rasa takut, wanita Romawi menyambut sentuhan kulit karena diyakini membuat mereka lebih subur di tahun yang akan datang.

Kemudian pada hari itu, menurut legenda, semua wanita muda di kota itu akan memasukkan nama mereka ke dalam sebuah guci besar.

Bujangan kota masing-masing akan memilih nama dan dipasangkan untuk tahun ini dengan wanita pilihannya. Pertandingan ini sering berakhir dalam pernikahan.

HARI VALENTINE: HARI KASIH SAYANG

Lupercalia bertahan dari kebangkitan awal agama Kristen dan dilarang - karena dianggap "tidak Kristen" - pada akhir abad ke-5, ketika Paus Gelasius mengumumkan 14 Februari Hari Valentine.

Tidak lama kemudian, bagaimanapun, hari itu menjadi sangat terkait dengan cinta.

Selama Abad Pertengahan, pada umumnya diyakini di Prancis dan Inggris bahwa 14 Februari adalah awal musim kawin burung, yang menambah gagasan bahwa tengah Hari Valentine seharusnya menjadi hari untuk percintaan.

Salam Valentine sangat populer sejak Abad Pertengahan, meski ditulis Valentine tidak mulai muncul sampai setelah 1400.

Valentine tertua yang masih ada saat ini adalah sebuah puisi yang ditulis pada 1415 oleh Charles, Duke of Orleans, kepada istrinya sementara dia dipenjarakan di Menara London menyusul penangkapannya di Pertempuran Agincourt.


Ucapan tersebut sekarang merupakan bagian dari koleksi manuskrip British Library di London, Inggris.)

Beberapa tahun kemudian, diyakini bahwa Raja Henry V menyewa seorang penulis bernama John Lydgate untuk membuat catatan valentine kepada Catherine of Valois.

SIFAT-SIFAT DAN NILAI LAINNYA

Selain Amerika Serikat, Hari Valentine dirayakan di Kanada, Meksiko, Inggris, Prancis dan Australia.

Di Inggris Raya, Hari Valentine mulai populer dirayakan sekitar abad ke-17. Menjelang pertengahan tanggal 18, sudah umum bagi teman dan pecinta semua kelas sosial untuk menukar tanda tangan kecil sayang atau catatan tulisan tangan, dan pada tahun 1900 kartu cetak mulai menggantikan surat tertulis karena perbaikan teknologi cetak.

Kartu siap pakai adalah cara mudah bagi orang untuk mengekspresikan emosi mereka pada saat ekspresi langsung perasaan seseorang tidak dianjurkan.

Tarif ongkos lebih murah juga berkontribusi terhadap meningkatnya popularitas pengiriman salam Hari Valentine.

Orang Amerika mungkin mulai bertukar valentine buatan tangan pada awal 1700-an. Pada 1840-an, Esther A. Howland mulai menjual valentine produksi massal pertama di Amerika. Howland, yang dikenal sebagai "Mother of the Valentine," membuat kreasi yang rumit dengan renda, pita dan gambar berwarna-warni yang dikenal sebagai "memo." Hari ini, menurut Asosiasi Kartu Ucapan, sekitar 1 miliar kartu Hari Valentine dikirim setiap tahun, membuat Hari Valentine merupakan hari pengiriman kartu terbesar kedua tahun ini.

(Diperkirakan 2,6 miliar kartu dikirim untuk Natal).Wanita membeli sekitar 85 persen dari semua valentine.[history]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2