DISKUSI PUBLIK TERBUKA BERSAMA WAMADA (WAJAH MASYARAKAT DAIRI) FIT AND PROPER TEST MENAKAR DAIRI 1

Yofamedia.com, Jakarta -- Diawali dengan pembacaan doa ruangan yang dipenuhi wartawan. Warung Daun yang berlokasi di Cikini Raya dengan sambutan "manjua-jua" demikian suara mengema. (4/11)

Pemilihan kepala daerah ( PILKADA ) dilakukan langsung oleh penduduk daerah administrative setempat yang telah memenuhi syarat. Sebelum tahun 2005, kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ).

Namun sejak berlakunya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Kepala Daerah dipilih Secara langsung oleh RAKYAT melalui Pemilihan Kepala Daerah atau disingkat dengan PlLKADA.

Artinya dalam praktek Pilkada, ada peran masyarakat langsung yang sangat Penting Dan Vital, dimana masyarakat memiliki hak pilih untuk menentukan siapa pemimpinya dalam lima tahun kedepan.

Tentunya hak itu harus dimanfaatkan betul oleh masyarakat untuk menentukan pilihannya, seringkali masyarakat luput bahkan lupa betapa pentingnya peran masyarakat tersebut dalam berlangsungnya sebuah Pemilihan Kepala Daerah di suatu wilayah, ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, selain minimnya pengetahuan tentang Pilkada, Hegemoni Partai Politik ( PARPOL ) juga menjadikan anggapan bahwa dalam setiap Pilkada yang wajib atau yang harus lebih berperan adalah partai di bandingkan masyarakat pemilih langsung.

Hal inilah yang sebenarnya melatar belakangi ide diskusi publik ini, yang akan memberikan pesan bagi seluruh masyarakat indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Dairi bahwa yang paling berperan penting dalam sebuah pemilihan Kepala Daerah Adalah masyarakat setempat.

Dan sudah saatnya Masyarakat yang harus melakukan uji kelayakan atau yang biasa di sebut dengan HT And PROPER TEST kepada Para Bakal Calon yang akan bertarung habis habisan untuk memimpin selama lima tahun kedepan.

Dalam diskusi ini, WAMADA sebagai organisasi masyarakat panggil untuk melakukan kegiatan ini untuk men iukkan ke publik luas bahwa yang paling berkepe ingan dalam Pemilihan Kepala Daerah ( PlLKADA ) alah masyarakat di daerah pemilihan tersebut.

Masyarakat harus Mengenal Para Calon pemimpinan, berikut dengan Visi / Misi Calon yang akan di ih dalam PlLKADA serentak 2018 nanti.

Masyaraka harus menggali dan mencari tau kemampuan par alon yang akan bertarung, masyarakat harus tau s ak terjang atau track record para calon yang akan bertarung di pilkada nanti.

Harapan diskusi ini dapat Menggali pemahaman para Calon tentang Kabupaten Dairi beserta segala potensi dan permasalahan yang ada saat ini di Kabupaten Dairi, dapat menggali seberapa efektifnya visi/misi para bakal calon untuk menjawab persoalan yang ada di Kabupaten Dairi, Dan menggali seberapa efektif solusi yang akan didaftarkan oleh masing -masing para bakal calon untuk menjawab persoalan yang masih ada di Dairi.

Hal ini menjadi penting untuk dilakukan agar dapat memunculkan pemahaman dan semangat yang sama untuk Kabupaten dan untuk yang lebih malu dan Bermartabat.

Memunculkan Kepedulian Masyarakat untuk memilih calon pemimpinnya lima tahun kedepan yang didasari atas pemikiran yang rasional, bukan karena lming -lming atau Money Politic, sehingga dapat menyatakan hubungan yang harmonis antara masyarakat dengan Calon Pemimpinya, dan hubungan yang harus juga antara Calon yang satu dan Yang untuk Kabupaten Dairi yang lebih Baik.
[Larty.R].

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2