MANDIRI JAKARTA MARATHON 2017, DALAM MARATHON KELAS DUNIA


Yofamedia.com, Jakarta -- Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya bersama-sama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Sapta Nirwandar selaku CO founder dan chairman Jakarta Marathon serta Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri resmi melepas 16.000 peserta Mandiri Jakarta Marathon (MJM) 2017.

Para peserta berbagai usia yang berasal dari 50 negara berbaur, bersemangat serta berlomba menjadi yang terbaik di kelasnya memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 774 juta. Memasuki penyelenggaraan tahun ke-5.

Selain konsistensi jadwal penyelenggaraan setiap minggu terakhir di bulan Oktober, beberapa hal baru diperkenalkan dan inovasi terus dilakukan untuk meneguhkan eksistensi MJM sebagai ajang lomba marathon bertaraf internasional.

lnovasi olahraga marathon ditunjukan melalui tambahan fasilitas live streaming bekerjasama dengan MNC Sport dan XL axiata. Hal lainnya adalah penerapan teknologi virtual run menggandeng developer 99 Virtual Race.

Warna baru lainnya adalah peluncuran theme song berjudul “Kuberlari” gubahan komposer Albert Juwono (Djoo) berkolaborasi dengan penyanyi Alina. Berbagai inovasi tersebut, menjadikan MJM 2017 terasa Iebih dinamis dan menjanjikan pengalaman yang lebih menarik bagi para peserta lomba tahun ini.

Mandiri Jakarta Marathon 2017 masih melombakan lima kategori nomor lari, yakni Full Marathon 42,195 kilometer, Half Marathon 21 kilometer, 10K (10 kilometer), 5K (5 kilometer) dan Maratoonz (Children’s Sprint).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rute Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan membawa para peserta menikmati keindahan landmark-landmark ikonik kota Jakarta seperti Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid lstiqlal, Bundaran Hotel Indonesia, dan akan melintasi kemegahan gedung-gedung pencakar langit lbukota.

Gubernur DKl Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan “Sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi DKl Jakarta tentu merasa bangga dan siap mendukung Jakarta sebagai destinasi wisata olah raga kelas dunia dengan turut aktif membenahi infrastruktur pendukung dan berbagai kebijakan lainnya demi kenyamanan para peserta lomba.

Kebetulan juga momennya tepat karena warga Jakarta tengah bersiap menjadi tuan rumah Asian Games 2018” ungkap Anies (29/10/2017).

Tahun ini, Mandiri Jakarta Marathon akan mengusung tema “Never Give Up”, Sapta Nirwandar, selaku Chairman Jakarta Marathon berharap, melalui tema tersebut Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat semakin menyulut semangat Para runners Indonesia dan dunia untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah.

Walaupun jalanan kota Jakarta sedang dalam proses pembangunan yang masif terkait persiapan infrastruktur selaku tuan rumah Asian Games 2018.

Pihak penyelenggara terus berjuang untuk mempersembahkan yang terbaik melalui berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan.

Sambutan positif dan animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan Mandiri Jakarta Marathon terus meningkat.

Hal ini tercermin dari jumlah peserta yang terus mengalami peningkatan sebesar 60% sejak pertama kali acara ini diselenggarakan, yakni 10.000 peserta (2013), 14.120 peserta (2014), 15.000 peserta (2015) dan 16.000 peserta (2016).

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan lomba, untuk tahun ini penyelenggara menetapkan jumlah yang sama dengan tahun sebelumnya, yaitu 16.000 peserta.
Secara komposisi, untuk kategori Full Marathon, Half Marathon dan 10 K mengalami peningkatan jumlah di atas 50% dibanding tahun sebelumnya. Hal sebaliknya herlaku untuk kategori 5K. Fakta ini menunjukan kesungguhan para peserta dalam mengrkutr MJM 2017.

Tercatat untuk kategon’ Full Marathon sebanyak 2.500 peserta dan Half Marathon sebanyak 4,500 peserta. Sedangkan pada kategori 10K dan 5K, masing-masing sebanyak 6.500 peserta dan 3.000 peserta.

Catatan menarik lainnya menunjukan, bahwa olahraga marathon rupanya diminati kalangan anak-anak usia 5 7 tahun dan 8 1O tahun, terbukti di kategori Marathon (Children Sprint) mengalami peningkatan jumlah peserta sebanyak 66% dari tahun lalu, dari semula 300 menjadi 500 peserta.

Peningkatan dan kepercayaan dan masyarakat tersebut tak lepas dari peran serta dukungan berbagai pihak, salah satunya datang dari Bank Mandiri yang senantiasa konsisten selama lima tahun menjadi sponsor utama.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa Bank Mandiri merasa bangga dapat terus bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi DKl Jakarta dan promotor lnspiro untuk terus menjadrkan MJM menjadi ajang lomba tart terbaik dan terbesar juga warga Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Kehadiran kami untuk kali kelima di dalam Mandiri Jakarta Marathon merupakan wujud nyata dukungan kami untuk peningkatan kesadaran pola hidup sehat bagi warga Jakarta dan sekitarnya agar rutin berolahraga demi peningkatan kualitas hidup.”

“Di sisi lain, kami mendukung penuh upaya keras berbagai pihak dan kalangan untuk terus menguatkan citra Jakarta sebagai destinasi wisata olahraga kelas dunia yang makin dikenal sekaligus dicintai komunitas pelari Internasional,” ujar Kartika.

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, Mandiri Jakarta Marathon 2017 kembali mengajak para peserta untuk berbagi dengan sesama melalui kegiatan amal (charity) bersama dengan komunitas berlari untuk berbagi (BUB).

BUB merupakan komunitas pecinta lari yang memiliki visi sosial untuk beramal sambil menyalurkan hobi lari. Salah satu tokoh yang aktif di BUB dan turut serta aktif di ajang ini adalah Sandiaga Uno, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

“Dukungan nyata dan sinergi berbagai pihak, baik pemerintah maupun mitra kerja, menjadi’ tambahan energi dan optimisme kami untuk terus konsisten dengan ritme yang tinggi’ memajukan sport tourism nasional dengan tetap melakukan berbagai terobosan dan inovasi guna meningkatkan kualitas dari masa persiapan, pelaksanaan dan paska kegiatan agar eksistensi MJM sebagai lomba marathon kelas dunia tetap dipertahankan”,
ungkap Ndang Mawardi, CEO lnspiro, Promotor & Organizer Jakarta Marathon. [Red].

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2