FORUM KOMUNIKASI AKAR RUMPUT SUKU LANY GELAR AKSI TUNTUT HAKNYA


Yofamedia.com, Jakarta - Di depan Gedung Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, tampak hampir 200 warga perwakilan dari Kabupaten Lanny Jaya, Papua, sedang menggelar aksinya.

Dan aksi ini digelar ,menurut Forum Komunikasi Akar Rumput Suku Lanny, Papua, karena menyaksikan dan mengalami langsung, bahwa di daerah ini sangat tertinggal dari segi  infrasturktur maupun organisasi kepemerintahnnya.

Namun pembangunan di daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah tersebut, dan tak satupun dilirik pemerintah untuk mengembangkannya.

Dan salah satu anggota DPRD Lanny Jaya, Dan Nius Kogoya mengatakan, "saat ini daerahnya mengalami kesenjangan pembangunan yang buruk selama kepemimpinan Befa Yigibalom, Bupati incummben Lanny Jaya".

Namun tidak ada kesejahteraan yang didapat warga Lanny Jaya.
Dan oleh karena itu pihaknya meminta kepada Kemendagri untuk membatalkan SK Pengangkatan Befa Yigibalom.

"Karena bnyak dampak dari kebijakan yang dilakukan Bupati Lanny Jaya yang tidak adil dan tidak benar," ujar Nius Kogoya di depan Gedung Kemendagri, Jakarta, Rabu (4/10/2017).
Kendati demikian  Nius mengungkapkan, diantara kebijakan yang telah  dilakukan Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom adalah tidak adanya pembangunan infrastrukur dasar yang memadai dan tertata secara efisien.

Itupun tidak ada pembangunan pusat perekonomian masyarakat atau pasar di daerah Kabupaten Lanny Jaya.

Dan selain itu juga tidak adanya sumber air bersih yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat umum, khususnya di sekitar ibukota kabupaten Lanny Jaya.
"Di Lanny Jaya juga tidak ada fasilitas perumahan dinas pegawai negeri sipil, dan perumahan pejabat eselon II - IV, pembangkit listrik yang tidak memadai," terangnya.

Tambah Nius juga mengatakan, saat ini praktek-praktek KKN juga merajalela di Lanny Jaya. Karena penyusunan pejabat eselon II-IV dan kepala kampung 80 persen ada hubungan keluarga," ujarnya.

Dalam kesempatan ini tokoh muda Lanny Jaya,  Revin Tabuni mengatakan, saat ini di daerahnya juga terjadi pemotongan Dana Desa yang diduga dilakukan oleh *Bupati Lanny Jaya.*

Untuk tahap pertama untuk pembelian kendaraan operasional mobil jenis Ranger sebanyak 39 untuk Kepala Distrik.

Pencairan dan Pemotongan Dana Desa atau Kampung melalui Koordinator BPMK Distri.
"Adapun nilai pemotongan bervariasi rata-rata Rp 40 juta  per kepala Desa atau Kampung 354 desa kampung se kabupaten Lanny Jaya.
"Dan kini kami dari Forum Komunikasi Akar Rumput  Suku Lanny Provinsi Papua Kabupaten Lanny Jaya, yang berdomisili di Kabupaten Lanny Jaya, menginginkan pemimpin yang bersih dan jujur yang santun serta amanah yang mampu membangun Kabupaten  Lanny Jaya," tukasnya.

Dan dari perwakilan Lanny Jaya sudah di izinkan masuk, Namun masih menunggu waktu untuk memproses apapun yang menjadi tuntutan dari Forum Komunikasi Akar Rumput Suku Lanny Jaya.

TENTANG LANNY JAYA

Kabupaten Lanny Jaya merupakan salah satu kabupaten yang sangat strategis dalam menentukan rentang pembangunan wilayah pegunungan tengah, ketika pemekaran wilayah kabupaten resmi disahkan oleh pemerintah Pusat di tahun 2008 yang lalu.
Dimana titik awal harapan masyarakat bahwa, jaminan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Lanny jaya dapat diwujudkan.

Dewasa kini usia Kabupaten Lanny Jaya sudah mencapai 9 tahun, diawali dengan pemerintahan Karateker pada tahun 2008 dibawa kepempinan (Jhon way) hingga berlanjut pada Definitif periode pertama 2011-2016 dibawah kepemimpinan Bupati Incummben (Befa Yigibalom). 

Merupakan memiliki waktu luang yang cukup untuk Pembangunan guna mempersiapkan dan mengembangkan potensi Daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lanny 
Jaya.

Berjalannya waktu kurang lebih 8-9  tahun silam kini, kami Forum Komunikasi Akar Rumput Suku Lanny Provinsi Papua Kabupaten Lanny Jaya, Melihat, Menyaksikan dan Mengalami langsung, kenyataan perkembangan pembangunan di Kabupaten Lanny Jaya, sangat disayangkan dapat dikatakan sangat jauh dari harapan Masyarakat Kabupaten Lanny Jaya.

Dan bahwa dengan adanya pemekaran dan kepemimpinan definitif dapat Menjawab dan menjadi solusi alternatif bagi kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Lanny Jaya seutuhnya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun itu hanyalah sebuah mimpi, Dengan kkenyataan Masyarakat Kabupaten Lanny Jaya mengalami kesenjangan pembangunan yang buruk selama kepemimpinan Saudara Befa Yigibalom selaku Bupati Incummben.

Dan terlihat jelas pula bahwa demi kepentingan pribadi dan kelompok tertentu guna dipersiapkan Untuk menopang proses dalam PILKADA tertanggal 15 Februari 2017 yang lalu dengan menggunakan Jabatan serta kapasitas sebagai Kepala Daerah, dalam menjalankan kebijakan roda Pemerintahan dengan tujuan memfasilitasi semua elemen yang terkait dengan PILKADA 2017 secara sistemis dan Masif.

Dampak dari kebijakan yang dilakukan serta berkompromi dengan ketidakadilan dan ketidak benaran serta pembodohan yang tidak terpuji, dilakukan oleh saudara Incummben adalah sebagai berikut  :

Pertama, *Tidak adanya Pembangunan Infrastrukur Dasar yang Memadai.*

Kedua, *Praktek Praktek KKN (Korupsi, Kolusi & Nepotisme) merajalela.*

Ketiga, *Pemerintahan Yang Tidak Ber Etika*

Menyimak dari persoalan yang terurai diatas tersebut bahwa terindikasi kerugian Negara yang sangat besar, yang dimana akan mengancam masa depan kehidupan masyarakat Kabupaten lanny jaya dari semua aspek hidup.
Sehingga kami Forum Komunikasi Akar Rumput Suku Lanny Provinsi Papua Kabupaten Lanny Jaya, yang berdomisili di kabupaten Lanny Jaya, menyeruhkan kepada Pemerintah Pusat,

Dalam hal ini, Menteri Dalam Negeri beserta Dirjen otonomi Daerah, bahwa ; kami menginginkan pemimpin yang bersih dan jujur yang santun serta amanah yang mampu membangun Kabupaten Lanny Jaya dan Masyarakatnya demi Pembangunan dan Kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Repubiik Indonesia.

*Adapun tuntutan pernyataan sikap kami, Forum Komunikasi Akar Rumput Provinsi Papua Kabupaten Lanny Jaya adalah sebagai berikut:

Pertama, *Bahwa kami masyarakat Akar Rumput suku Lanny Kabupaten Lanny Jaya.
Menolak dengan Tegas Terhadap Bupati dan wakil Bupati Terpilih versi Gubernur Papua, Lukas Enembe terhadap Paslon No urut 2 Befa Yigibalom dan Yenis Kagoya, Periode 2017- 2022.*

Kedua, *Kami Meminta Dengan Hormat kepada Bapak Menteri Dalam Negeri maupun
Dirjen otonomi Daerah, Bahwa: Segera Mengambil tindakan Pembatalan. SK Pengangkatan dan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya, atas Nama saudara *Befa Yigibalom* dan *Yemis Kogoya* Periode 2017-2022, yang Dilakukan oleh Gubernur Provinsi Papua.*

Ketiga, *Tangkap dan Periksa *Befa Yigibalom* yang telah dan banyak melakukan
pelanggaran administrasi maupun korupsi atas Dana APBD/APBN Kabupaten Lanny Jaya, sejak memimpin Kabupaten Lanny Jaya dari 2011-2017.*

Keempat, *Kabupaten Lanny Jaya, Emergensi Pembangunan.*

* Mari Selamatkan Lanny Jaya selamatkan Papua, Selamatkan Papua....,,,,,Berarti Selamatkan NKRI.*

[Red/Why/Mul]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2