"ISEA, Bina Swadaya dan Dompet Duafa Gagas Konfrensi Sosial Enterprise Asia 2017"

Yofamedia.com, Jakarta - Indonesia sebagai Negara dengan jumlah populasi penduduk yang besar menjadikkannya sebagai negara yang mempunyai potensi untuk selalu tumbuh pesat perekonomiannya, seperti halnya tiongkok. Pertumbuhan ekonomi bangsa harus diimbangi dengan pemerataan distribusi pendapatan dan kekayaan diseluruh lapisan masyarakat.

Distribusi pendapatan dan kekayaan yang tidak efisien akan menyebabkan ketidakadilan dan kemiskinan dalam masyarakat kapitalis murni, problem sosial, ketidaksetaraan dan kemiskinan yang akan meningkatkan ketimpangan pendapatan. (Kamis, 14/9)

Upaya mengatasi ketimpangan kesejahteraan sosial dimasyarakat yang dilakukan melalui keswadayaan masyarakat yang dilakukan melalui pendekatan Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship), dimana upaya-upaya untuk menyelesaikan permasalahan sosial, pengentasan sosial, pengentasan kemiskinan dilakukan dengan pendekatan bisnis.

Kewirausahaan sosial mencoba mendekati penyelesaian permasalahan dengan mengintetasikan 2 (dua) misi, yaitu dengan tujuan pencapaian misi sosial, pelaku sosial enterprise melakukan upaya dengan menjala kan operasional bisnis. Pendekatan ini dipandang akan efektif tercapai karena masyarakat akan langsung terlibat secara produktif menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Dompet Dhuafa dan Bina Swadaya sebagai organisasi yang telah berkiprah puluhan tahun dalam upaya-upaya pengentasan kemiskinan melalui program-program sosial dan pemberdayaan, telah terlibat aktif dalam pengembangan Social Enterprise maupun sebagai lembaga yang menumbuhkan. mengembangkan dan membina didalam masyarakat.

Menurut Bambang Ismawan (Pendiri Bina Swadaya), sepuluh tahun lalu istilah Sosial Enterpreneurship of the year 2006 Awards  dari Ernest & Young Indonesia dan The Swchab Foundation for Social Enterpreunership (di  Swiss), awal Social Enterpreneurship banyak dibahas di kalangan LSM dalam rangka sustainability kelembagaannya. dikalangan bisnis dalam rangka dampak sosialnya dikalangan Universitas sebagai alternatif program studi ekonomi dan sosial.

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan Dana ZISWAF (zakat, sedekah, Wakaf) lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perorangan selama 24 tahun.

Larty R

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2