KEBERADAAN KOPERASI BISA MEMBERIKAN MANFAAT

Hari Koperasi Nasional Tingkat Banten

Yofamedia.com, Tangerang-Dalam kegiatan Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-70 tingkat Provinsi Banten yang dilaksanakan di Depan Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (9/8/2017), Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah berharap keberadaan koperasi bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang.

Dan menurutnya, "Koperasi ini sangat berperan dalam mengentaskan kemiskinan dan juga mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.
Arief juga menambahkan, "untuk itu pihaknya mendorong agar koperasi bisa mengembangkan diri menjadi koperasi unit usaha, sehingga mampu menguatkan keberadaan UMKM di Kota Tangerang.

Dan dirinya juga menjelaskan, "  Di Kota Tangerang terdapat sekitar 800 unit koperasi dan kedepannya kita dorong 2 per 3 nya bisa lebih berkembang menjadi koperasi unit usaha,” terangnya.

Saat ini Arief sedang mengkaji untu membentuk Koperasi di setiao kelurahan hingga menyasar ke RT dan RW ini bertujuan merangsang pertumbuhan Koperasi di Kota Tangerang.


Ia juga menuturkan, "  Kita di setiap OPD juga akan bentuk adanya koperasi, namun bukan hanya persoalan kuantitas yang kita kejar tapi lebih ke kualitas sehingga koperasi benar-benar bisa menjadi tumpuan ekonomi berbasis kerakyatan di Kota Tangerang".
Dan dirinya berjanji untuk meningkatkan penetrasi pasar bagi UMKM yang dikelola dari koperasi, melalui penerapan teknologi informasi yang memang telah lama menjadi platform Pemkot Tangerang untuk meningkatkan pelayanan publik.

"kalau melihat produknya sudah bagus-bagus, kita bisa dorong pasar mereka untuk masuk ke pasar online, sehingga pemasarannya bisa lebih mengglobal,” imbuhnya.

Bersamaan dengan itu, Ratu Tatu Chasanah, ketua Dewan Koperasi Wilayah Banten juga berpesan, "bahwa saat ini pihaknya akan terus mendorong koperasi di Banten untuk bisa lebih aktif, mengingat dari 5900-an koperasi yang ada di Banten, hanya setengahnya yang aktif.

“Namun secara umum perkembangan koperasi di Banten sudah bagus, cuman kita juga lagi mendorong agar para pelaku UMKM yang bisa bergabung membentuk koperasi. Karena bila koperasi dikelola secara baik dan profesional bisa menjadi solusi persoalan pengangguran dan ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya..
Dari peserta yang hadir di acara peringatan Harkopnas ke 70 tingkat Provinsi Banten tersebut juga diramaikan oleh berbagai kegiatan antara lain bazar UMKM yang diikuti para pelaku UMKM di Banten.

Dan acara Bazar tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 09 hingga 13 Agustus 2017.
“ Untuk saat ini ada 180 jumlah stand sedangkan untuk pesertanya terdiri dari OPD Provinsi 12, OPD Kota tangerang15, Kab/kota 7, Asosiasi 15, Grakan Koperasi 30, dan UMKM 140,” tukas H. Sayuti. Kepala Dinas UMKM Kota Tangerang, .
(Red/TOR)



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2